oleh

Pemda Buol Gelar Rapat Pelaksaaan Sholat Idul fitri 1442 H / 2021 M Tingkat Kabupaten Buol.

Warta Sidik — Buol.

Wakil Bupati Buol H. Abdullah Batalipu, S.Sos. M.Si. memimpin Rapat Kerja terkait Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H / 2021 M. Bertempat di Aula Lantai II Kantor Bupati Buol.

Turut hadir dalam rapat kerja tersebut diantaranya Kepala Kementrian Agama Kab. Buol, Ketua PHBI, Ketua MUI kab. Buol, dan Para Pimpinan OPD Kab. Buol.

Wakil Bupati Buol dalam arahan pengantarnya menyampaikan bahwa saat ini kita masih menjalani proses pandemi Covid 19 dan seperti diketahui bahwa Kabupaten Buol termasuk tinggi dalam Konfirmasi Positif namun kiita syukuri kurang untuk kasus kematian karena upaya kita bersama dalam mentracking dan mengkarantina contak positif covid 19.

III Baca Juga:

Persit Janapria Beri Bantuan Sembako Kepada Warakauri hidupnya Sangat Memprihatinkan

Selanjutnya beliau menambahkan bahwa dari awal pelaksanaan Bulan Ramadhan Pemerintah Daerah melalui Satgas Covid 19 telah mengambil kebijakan untuk dapat melaksanakan ibadah di rumah ibadah dengan ketentuan pelaksanaan Protokol Kesehatan yang ketat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Maka saat ini kita akan melaksanakan pertemuan terkait Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H / 2021 M.

“ Pertemuan kali ini merupakan bentuk perhatian kita semua bagaimana Pemerintah hadir dimasyarakat saat mengalami pandemi covid 19, kita bicarakan bersama dan sepakati terkait pelaksanaan Sholat Idul Fitri untuk dapat menjadi acuan dan pijakan masyarakat dalam melaksanakanya “. TuturNya.

III Baca Juga:

Aksi Sosial Danramil 1620-07/Batukliang, Bagi-Bagi Sembako

Setelah melewati proses rapat kerja dengan mendengarkan saran serta masukan dari para Peserta diantaranya Ketua MUI Kab. Buol, Kepala Kemententrian Agama Kab. Buol dan Para Pimpinan OPD maka dapat diambil kesimpulan rapat sebagai pandangan awal dalam rangka Persiapan Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H / 2021 M diantaranya sebagai berikut :

1). Sholat Idul Fitri 1442 H. Akan tetap dilaksanakan :

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri Tingkat Kabupaten dilaksanakan di Masjid Agung Kabupaten Buol.

Pelaksanaan Tingkat Kecamatan dan Desa untuk dapat diputuskan bersama Pemerintah Kecamatan dan Desa serta Satgas Kecamatan / Desa

2). Pemerintah Daerah akan menurunkan Surat Edaran terkait Penegasan terhadap Para Camat, Kades/ Lurah dalam rangka pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H, dengan memegang teguh keutamaan ketentuan pelaksanaan Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaanya sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku.

3). Menyangkut masalah Khutbah Sholat Idul Fitri 1442 H, akan dibuat seragam oleh Tim Penyusun tingkat kabupaten yang isinya juga termasuk amanah pemerintah terkait Penanganan Covid 19. Khutbah seragam akan dibuat dan dikirimkan kepada seluruh Desa/Kelurahan se – Kabupaten Buol.

4). Terkait pelaksanaan kegiatan dalam Peringatan Idul Fitri diantaranya Pawai Takbiran, sampai dengan kegiatan Halal Bi Halal, Gelaran Open House oleh Pemerintah dan masyarakat untuk tidak dilaksanakan, hal ini disesuaikan dengan Instruksi Kapolda Sulawesi Tengah dalam.Rapat Lintas Sektor Polres Buol bahwa tidak ada pelaksanaan kegiatan yang berpotensi untuk mengumpulkan orang banyak dalam waktu yang lama selama Perayaaan Idul Fitri 1442 H/2021M.

5). Sosialisasi Terkait Pelaksanaan Sholat Idul Fitri dengan ketentuanya akan dilaksanakan oleh Satgas Kabupaten, Kecamatan dan Desa di seluruh Kabupaten Buol.

Diakhir kegiatan pelaksanaan Rapat kerja tersebut, Wakil Bupati Buol menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta rapat yang sudah bersama memutuskan kebijakan terkait pelaksaan Sholat Idum Fitri 1442 H Tingkat Kabupaten Buol. Namun tentunya tetap pada ketentuan situasi Covid 19.

“ Terima kasih atas pelaksanaan rapat kerja hari ini, namun perlu kita ingat bersama hasil dengan membuka kesempatan terkait pelaksanaan Sholat Idul Fitri ini dimasa Pandemi Covid 19 bukan hal yang mudah. Oleh karena itu kesungguhan seluruh penyelenggaran untuk mentatati ketentuan pelaksanaan kegiatan dengan memegang teguh protokol kesehatan harus benar benar dijalankan, satgas kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan serta melibatkan TNI/Polri harus benar benar berperan dalan menjaga seeta mengawasi pelaksanaan kegiatan jika ada indikasi tidak sesuai dengan ketentuan silahkan hentikan dan bubarkan “ TegasNya.

Setelah pelaksanaan rapat kerja Asisten Pemerintahan dan Kesra Suwondo Sanua, langsung memimpin rapat penyelenggaraan Sholat Idul Fitri Tingkat Kabupaten Buol di Masjid Agung Buol bersama Ketua, Wakil.dan Pengurus DKM masjid Agung Buol. Dalam pertemuan tersebut telah melahirkan keputusan para pelaksanaan kegiatah sholat Idul Fitri.1442 H Tingkat Kabupaten Buol di Masjid Agung Buol dengan pelaksana sebagai berikut :

– Khotib : Ust. Moh. Yamin Rahim SH.MH.
* Naib : Ust. Richard Muhsin, S.Ag M.ag

– Imam : Drs. H. Djafar Safaat
* Naib : Ust. Tarsa, S.Pd

Pembawa Acara : Moh. Yamin Padjimbung

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Buol” Irwansyah”.

News Feed