oleh

Wakil Bupati Laporkan Kesiapan Kabupaten Buol Sebagai Tuan Rumah PORPROV Tahun 2022

Warta Sidik — Kab Boul

Wakil Bupati Buol H. Abdullah Batalipu, didampingi oleh Ka. Disporapar Kab. Buol DR. Tonang Malongi, Melaksanakan Kunjungan Kerja sekaligus Melaporkan Kesiapan Kabupaten Buol Sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan Pekan Olah Raga Provinsi Tahun 2022. Bertempat Ruang Kerja Gubernur Sulawesi Tengah di Palu. Kamis, 22 April 2021, Pukul 13.30 Wita.

Ka. Disdikpora Kabupaten Buol dalam keteranganya menyampaikan bahwa secara dramatis terpilih sebagai tuan rumah Pekan Olah raga Provinsi (Porprov) IX tahun 2022 mendatang. Dalam  pemilihan tuan rumah yang berlangsung di Hotel Palu Golden Palu, Buol mengungguli Kabupaten Tojo Una Una hanya dengan selisih 2 suara yakni 29 berbanding 27 suara.

III Baca Juga :

Oknum Penyidik KPK di Tangkap Propam Polri, Peras Walikota Tanjung Balai

Kapolda Sulsel Terima Kunjungan Silaturahmi Danlanud Sultan Hasanuddin

Dalannya pemilihan tuan rumah pesta olah raga terakbar di Sulawesi Tengah ini,  berlangsung seru. Sejak awal perolehan suara dukungan kepada dua daerah ini saling kejar.Suasana ‘tegang’ terjadi saat perolehan suara sama yakni 27,  dan menyisahkan dua suara lagi.

Namun dua suara tersisa ternyata berpinak kepada Kabupaten Buol. Ketua Umum KONI Provinsi Sulawesi Tengah,  Drs H Anwar Ponulele, dan Sekretaris Umum, HM Shafei Datupalinge,  turut menyaksikan langsung pemilihan tersebut.

Dalam pemilihan calon tuan rumah PORPROV IX tahun 2022 yang dipimpin Kepala Kesekretariatan KONI Sulteng Edison Ardiles ini, sebanyak 56 pemilik suara. Mereka berasal dari perwakilan KONI Provinsi Sulawesi Tengah, KONI Kabupaten dan Kota, pengurus cabang olah raga dan pengurus fungsional KONI Sulteng.

Sebelum pemilihan berlangsung, masing-masing perwakilan calon tuan rumah mempresentasikan kesiapan serta tawaran ‘khusus’. Buol misalnya, mempresentasikan secara gamblang melalui layar infokus bagaimana sarana prasarana baik lapangan maupun tempat penginapan bagi peserta, official dan tamu lainnya.

Selanjutnya Wakil Bupati Buol menyerahkan secara resmi KAK pelaksanaan PORPOV ke 9 Tahun 2022 di kabupaten Buol kepada Gubernur sulawesi tengah Drs.H . Longki Djanggola.

Setelah ditetapkan menjadi tuan rumah pelaksana Porprov Sulteng ke-IX tahun 2022, melalui surat keputusan Gubernur Sulteng Nomor : 426.3/176/DIS.PORA-G.ST/2020. Pemkab Buol mulai melakukan pembenahan sejumlah infrastuktur cabang olahraga (cabor) dan pembinaan para atlet agar target juara umum bisa tercapai termasuk menyerahkan KAK pelaksanaaan PORPROV dimaksud.

Pembenahan infrastuktur sapras berdasarkan rekomendasi Gubernur Sulteng Nomor : 426.2/48/DIS.PORA. Dasarnya, Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang system keolahragaan Nasional dan Surat Bupati Buol Nomor : 420/13.13/Disporapar/2020 tentang permohonan dukungan pembangunan Sapras.

Kabupaten Buol menjadi tuan rumah Porprov Sulteng ke-IX tahun 2022 melalui hasil musyawarah dan voting pemilihan one person one vote (satu orang satu suara) yang dilaksanakan oleh KONI Sulteng dengan jumlah perolehan 29 suara untuk kab Buol dan 27 suara untuk Kabupten Tono Una-una.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Gubernur didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir. Faisal Mang, MM, sekretaris Koni Propinsi dan Ka. Disporapar Propinsi Sulteng.

Wakil Bupati Buol Abdullah Batalipu , menyampaikan bahwa Tujuannya untuk melaporkan persiapan Pekan Olah Raga Propinsi Tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Buol , untuk itu kami sampaikan laporannya pak Gubernur dan Rencana Anggarannya kiranya mendapat dukungan dari Gubernur , adapun jumlah Biaya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pekan Olah Raga Propinsi Tahun 2022 sebesar 21 M lebih .

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Longki Djanggola, M.Si , menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Buol yang sudah siap melaksanakan Pekan Olah Raga Propinsi Sulteng tahun 2022 , “Pastilah kami mendukung dan mensurport” karena Pelaksanaannya Tahun 2022 , saya yakin Gubernur Kita yang Baru Pastilah mendukung kegiatan ini , kita Doakan semoga bisa berjalan baik sesuai dengan rencana .

Selanjutnya Pelaksanaan PORPROV ke 9 tahun 2022 dikabupaten Buol akan melaksanakan 25 cabang olahraga yg memperebutkan medali dan 5 cabang olahraga yang akan mengikuti eksebisi. Sehingga total cabang olahraga yang akan di pertandinglan sebanyak 30 cabor.

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Buol

(Firmansyah)

News Feed