oleh

Bupati Simeulue dan Pangdam IM Serahkan Bantuan ke Warga

Warta Sidik — Simeulue

Bupati Simeulue H. Erli Hasim, SH., S.Ag., M.I.Kom, bersama Istri, Wakil Bupati Simeulue Hj. Afridawati, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hasanuddin, S.I.P., MM., bersama istri, Danrem Teuku Umar Kolonel Inf. Djon Afriandi, S.I.P., MS., DA., bersama istri serta Unsur Forkopimda Kabupaten Simeulue menghadiri acara penyerahan bantuan kepada masyarakat nelayan Kabupaten Simeulue, Senin (26/10).

Penyerahan bantuan kepada masyarakat nelayan yang di pusatkan di Desa Linggi Kecamatan Simeulue Timur itu berupa rumah layak huni, bantuan sembako dan bantuan benih ikan kakap putih.

Bupati Simeulue dalam sambutannya mengatakan, atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Simeulue mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Pangdam Iskandar Muda beserta Ibu dan rombongan, yang telah berkesempatan untuk melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Simeulue ini. Semoga selama berada di Pulau Simeulue yang kami banggakan ini, Bapak dan Ibu sekalian selalu dalam lindungan Allah SWT.

Baca juga:

Danposramil 1409-08/ Bontonompo, Melaksanakan Pemantauan UMKM

Lebih jauh Bupati menyampaikan, Kabupaten Simeulue baru saja melepaskan diri dari status zona merah, ini semua tidak terlepas dari kerjasama berbagai pihak, tenaga medis, tim satgas, peran TNI dan Polri serta khususnya masyarakat. “Semoga untuk kedepan, Kabupaten Simeulue akan berhasil memutus mata rantai penyebaran Virus Corona sehingga dapat sepenuhnya menjadi zona hijau,” ujarnya.

Kehadiran Pangdam Iskandar Muda di Kabupaten Simeulue pada saat ini menjadi sebuah semangat bagi seluruh warga masyarakat Simeulue. “Untuk menyelesaikan seluruh kerja pembangunan kami dan semangat untuk bangkit dari pandemi Covid-19,” tambahnya.

Bupati Simeulue dan Pangdam IM Serahkan Bantuan ke Warga/ws

Selain itu Bupati menjelaskan, secara singkat terkait status Kabupaten Simeulue yang merupakan pemekaran wilayah dari Kabupaten Aceh Barat yang dibentuk berdasarkan Undang-undang nomor 48 tahun 1999.

Beberapa waktu lalu, baru saja mensyukuri nikmat Hari Jadi Kabupaten ke-21 pada 12 Oktober yang lalu.

Kabupaten ini terdiri dari 64 pulau besar dan kecil dan merupakan salah satu tapal batas NKRI.  Meskipun berada diujung Indonesia, Simeulue memiliki sumber daya alam yang cukup besar baik dari sektor kelautan, pertanian, maupun sektor pariwisata. Namun sumber daya alam yang besar ini belum dapat dikelola secara optimal dikarenakan berbagai faktor.

“Kehadiran Pangdam disini, kami harap selain dapat memberikan dampak pertahanan dan keamanan bagi warga Simeulue, juga agar kiranya Bapak dapat memberikan support kepada kami dalam hal koordinasi dan pengusulan rencana pembangunan di tingkat Pusat dan Provinsi,” harapnya.

Baca juga:

Koramil 06/Bajeng Melaksanakan Pendampingan Penyaluran Pembagian BLT

Sebagai salah satu pulau terluar, tentunya upaya pemerintah dan warga Kabupaten Simeulue memiliki beberapa hambatan.  Meskipun bila dilihat dari variabel tahun-tahun sebelumnya telah banyak perkembangan dan peningkatan yang terlaksana. “Baik itu dalam hal pembangunan infrastruktur, ekonomi, sosial budaya, perhubungan dan pertanian serta kelautan,” imbuh Bupati. 

Bupati Erhas menambahkan, terkait dengan penyerahan rumah bantuan bagi nelayan dan bantuan bibit ikan serta sembako, bagi nelayan serta petani, yang dilaksanakan di Kabupaten Simeulue pada kesempatan ini sangatlah berarti bagi semua. “Saya secara pribadi dan selaku Kepala Daerah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pangdam Iskandar Muda beserta jajaran TNI, semoga support dan kerjasama ini dapat terus terbina dengan baik, tidak hanya dalam pertahanan dan keamanan tetapi juga di berbagai sektor lain,” ujarnya. 

Bentuk bantuan yang diserahkan berupa 50 unit rumah bantuan untuk 50 KK nelayan, 300 bibit ikan kakap putih serta bantuan sembako untuk para nelayan.

Sementara Pangdam Iskandar Muda menyatakan, sesuai dengan yang disampaikan oleh Bupati, bahwa Kabupaten Simeulue sudah tidak lagi dalam kategori zona merah dalam status pandemi Covid-19, dan itu semua atas kesungguhan dan kerja sama.

Baca juga:

PT Drymix Indonesia dilaporkan ke Polda karena merugikan PT Neochem Indonesia senilai Rp. 6,2 Milyar

“Terkait dengan penyerahan bantuan sejumlah unit rumah dan bantuan lainnya saya berharap kiranya dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, serta meningkatkan ketahanan pangan keluarga,” pungkasnya.

Mengakhiri arahannya Pangdam menitipkan, “Kondisi keamanan pada saat ini, khususnya pada Kabupaten Simeulue mengajak untuk bergerak maju untuk kehidupan yang lebih baik lagi di masa yang akan datang”.

Usai memberikan arahannya, Pangdam bersama Bupati dan Wakil Bupati menyerahkan bantuan berupa rumah, bibit ikan serta bantuan sembako untuk para penerima secara simbolis.

Kegiatan tersebut turut dihadiri jajaran Perwira Kodam Iskandar Muda, Jajaran KOREM 012 Teuku Umar, serta Kepala SKPK kabupaten Simeulue. (Eko/Humpro)

News Feed