oleh

Polsek Teupah Selatan Segera Lakukan Sterilisasi dan Perketat Prokes Covid-19 Dalam Wilayahnya

Warta Sidik — Simeulue

Teupah Selatan dimasuki Covid-19 satu orang warga asal Desa Lataling meninggal dunia dengan hasil Swap Positif Covid-19 pada 13 Oktober 2020.

Sesuai keterangan beberapa pihak yang dihubungi oleh WARTA SIDIK, termasuk Kepala Puskesmas Teupah Selatan IDRA BUDI, Kapolsek Teupah Selatan IPDA SUTRI MANSYAH, Camat Teupah Selatan FERY PUPUT HIDAYAT, SH, Tim Medis Satgas Covid-19 dr. EVINER VICE VITALOKA, dan Kepala Desa Labuhan Jaya KARDENO di tempat masing-masing menjelaskan tentang status pasien yang dinyatakan Positif Covid-19 berdasarkan hasil uji lab Swab Test, Rabu (14/10).

Baca juga:

“Akal-akalan” Melanggengkan Status Karyawan Kontrak di Perusahaan Swasta dan BUMN, Eksploitasi Tenaga Kerja Dalam Sistem Perbudakan Modern

Positif Covid-19 Almarhumah Dewi Ati (57) penduduk Desa Lataling sebelumnya juga memiliki riwayat penyakit kronis dan Stroke Iskemik, awalnya pada 05 Oktober 2020, Almarhum berobat ke Puskesmas Teupah Selatan selanjutnya dirujuk ke RSUD Simeulue untuk mendapatkan perawatan.

Pada tanggal 05 s/d 07 Oktober 2020 Di RSUD Simeulue setelah melihat ada gejala Covid-19 pada Dewi Ati, pihak Rumah Sakit melakukan Rapid Test dan ternyata Reaktif selanjutnya dilakukan Test Swab dan sampelnya kirim ke Banda Aceh untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Setelah mendapat perawatan selama 2 hari di RSUD Simeulue, pada tanggal (08/10) dibawa pulang oleh keluarganya ke kampung, ke rumah sanak saudaranya Desa Labuhan Jaya. Pasien selain berobat secara medis juga non medis di kampungnya karena ada anggapan juga tersapa atau dimasuki roh halus, hingga pada tanggal 12 Oktober 2020 sekira 12.00 WIB, Dewi Ati meninggal dunia di rumah sanak saudaranya di Desa Labuhan Jaya.

Polsek Teupah Selatan Segera Lakukan Sterilisasi dan Perketat Prokes Covid-19 Dalam Wilayahnya/ws

Selanjutnya dilaksanakan proses fardhu kifayah hingga menguburkan Almarhum ke kampung halamannya Desa Lataling. Selang satu hari, usai dikebumikan pada 13 Oktober 2020 pihak Kalitbangkes Aceh dari Banda Aceh melalui RSUD Simeulue mengeluarkan hasil uji lab Swab Test dan dinyatakan Almarhumah Dewi Ati (57) Positif Covid-19.

Mendapat laporan hasil Swab Test tersebut, sontak membuat semua pihak terkejut dan khawatir. Sehingga Satgas Covid-19 Kecamatan Teupah Selatan segera melakukan Rapid Test kepada sejumlah warga maupun pihak keluarga pasien, terutama bagi yang bersentuhan langsung pada saat memandikan jenazah Almarhumah di Desa Labuhan Jaya sebelum alm dibawa pulang dikebumikan di Desa Lataling.

Dari 20 orang yang di Rapid Test yang dinyatakan Reaktif satu orang, NURAISA (42) warga Desa Labuhan Jaya dan saat ini sedang menjalani karantina dalam pengawasan ketat dari Satgas Covid-19.

Baca juga:

Polres Cilegon Laksanakan Pengamanan Unjuk Rasa Mahasiswa (GMNI) Depan Pemkot Cilegon

Pada tanggal (14/10) untuk mengantisipasi penyebaran lebih luas dari pandemik tersebut, Polsek Teupah Selatan dibawah Komando Kapolsek Teupah Selatan IPDA SUTRI MANSYAH melakukan sterilisasi lokasi dengan penyemprotan disinfektan di dalam ruangan maupun diluar ruangan rumah saudara Arjib warga Desa Labuhan Jaya tempat kediaman beberapa hari dan dimandikan jenazah dari Almarhumah Dewi Ati pasien Positif Covid-19.

“Untuk keamanan dan kenyamanan semua pihak kita bergerak cepat untuk melakukan sterilisasi setiap tempat yang dianggap berbahaya seperti titik-titik terindikasi yang bisa menyebarkan virus penyakit Covid-19 ini, inilah kerja nyata kita dan kepedulian kita kepada masyarakat dan negara,” ujarnya.

“Kepada warga kita selalu menyampaikan himbauan agar mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19, sekarang virus tersebut sudah ada dimana-mana. Kita tidak tau keberadaannya ditengah kita. Sebagai upaya kita, jaga kesehatan dan patuhi anjuran pemerintah selebihnya kita berdo’a kepada yang Maha Kuasa agar pandemi ini segera berakhir dan kehidupan dapat berjalan normal kbali tanpa rasa khawatir dan was-was Covid-19,” pungkas Kapolsek Teupah Selatan. (Eko)

News Feed