oleh

Tiga Hari Berlangsung Latihan Posko I Korem 162/WB “Gelombang Sakti 20” Resmi Ditutup

-Ragam, TNI-55 views

Warta sidik — Mataram

Latihan Posko I Korem 162/WB “Gelombang Sakti 20”, yang berlangsung selama tiga hari sejak hari selasa tanggal 13 Oktober 2020 yang telah dibuka secara resmi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara kini ditutup.

Diawali dengan kegiatan kaji ulang dan evaluasi oleh penyelenggara latihan serta mendengarkan saran masukkan dari peserta pelaku diaula Sudirman Makorem 162/WB, Kamis (15/10/20).

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara, dalam amanat penutupan Latihan Posko I Korem 162/WB yang dibacakan oleh Danrindam IX/Udayana, Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes, seperti yang telah disampaikan saat pembukaan, bahwa latihan posko I ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem 162/WB dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup keterpaduan, kerjasama, koordinasi saat pengambilan keputusan, taktik dan teknik olah yudha serta pengintegrasian semua kemampuan yang dimiliki satuan guna membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam gempa bumi dan tsunami di NTB.

Baca juga:

Kapolda Banten Pastikan Keamanan Unras Serikat Buruh di DPRD Kabupaten Serang

“Sesuai tema yang diusung latihan Posko I kali ini, Korem 162/WB Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Dalam rangka membantu penanggulangan terjadinya bencana alam sesuai tipologi wilayah,” ungkap Pangdam.

Menurut Pangdam, latihan ini sangat tepat jika dihadapkan dengan pengalaman saat terjadi gempa bumi beberapa tahun yang lalu di wilayah NTB, dengan adanya latihan posko I ini masing masing staf sudah memahami tugas dan tanggung jawabnya.

Tiga Hari Berlangsung Latihan Posko I Korem 162/WB “Gelombang Sakti 20” Resmi Ditutup/ws

“Kita tidak berharap adanya bencana namun manakala bencana alam gempa bumi dan tsunami terjadi dapat dengan cepat dalam mengambil upaya tindakan guna meminimalisir timbulnya korban,” harap Pangdam.

“Dengan demikian latihan ini sebagai bagian mitigasi untuk melatih memelihara kemampuan personil dan menyiapkan satuan jajaran Korem 162/WB untuk membantu Pemda dalam penanggulangan bencana alam gempa bumi dan tsunami,’ pungkas Pangdam.

Latihan yang telah dilaksanakan selama tiga hari ini, para pelaku telah berlatih dengan penuh kesungguhan dan menunjukkan dedikasi loyalitas yang tinggi sehingga latihan dapat berjalan dengan lancar dan tujuan latihan dapat tercapai sesuai yang diharapkan, namun jangan cepat berpuas diri.

Baca juga:

Sidang Dini Noviyanti dan Muhammad Yusuf Dijerat Pasal Penipuan dan Penggelapan Digelar Secara Virtual Di PN Jakarta Selatan

“Karena bagaimanapun kadang kenyataan dilapangan selalu dihadapkan dengan dinamika yang tinggi, dengan karakteristik yang berbeda sehingga diperlukan inovasi dan kreativitas dalam penanganan setiap permasalahan,” jelas Pangdam.

Oleh sebab itu, Pangdam IX/Udayana menekankan kepada Komandan Latihan dan Penyelenggara dan seluruh peserta latihan beberapa kekurangan yang terjadi saat latihan hendaknya dijadikan evaluasi dan kajian.

“Sehingga kedepan pelaksanaan latihan posko I dapat berjalan lebih baik lagi, serta ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya latihan ini,” tutup Pangdam.

Sedangkan Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, sebelum acara penutupan, menyampaikan ucapan terimakasih apresiasi kepada penyelenggara latihan baik Kodam IX/Udayana maupun Rindam IX/Udayana yang telah memberikan kepercayaan kepada korem 162/WB dan jajaran untuk melaksanakan latihan posko I ini.

“Permohonan maaf, kami menyadari masih banyak kekurangan dalam mendukung kegiatan latihan posko I Korem 162/WB. Namun kami bertekad secara bersama-sama untuk terus belajar dan berlatih dalam meningkatkan kemampuan dalam mendukung tercapainya setiap tugas yang dihadapi dengan maksimal,” papar Danrem.

Baca juga:

JAKSA TAHAN DUA TERSANGKA OKNUM PEGAWAI BKPSDM KABUPATEN MURATARA “DUGAAN” TINDAK PIDANA KORUPSI

“Serta apresiasi kepada seluruh Perwira Staf dan anggota yang telah mengikuti latihan, agar apa yang telah diterima dapat menjadi tambahan bekal pengetahuan bermanfaat serta pedoman manakala dibutuhkan untuk dapat lebih baik lagi,” harap Danrem.

Kegiatan latihan hari ketiga sebelum ditutup melaksanakan TFG (Tactical Floor Game) diikuti oleh seluruh seluruh pelaku diantaranya, Danrem 162/WB beserta Staf Korem 162/WB dan jajaran juga melibatkan Perwakilan unsur Polri dari Polda NTB, Basarnas, BMKG, BPBD, Dinas Sosial Prov NTB., Club motor terabas NTB, PKPPI, PPM, Wira Bhakti Airsoft Gun, Club IOf( Offroad NTB), Pemuda Pancasila.

Hadir mengikuti kegiatan kaji ulang, evaluasi dan penutupan latihan posko I Korem 162/WB, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana Brigjen TNI Hendrikus, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han.,Danridam IX/Udayana Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes. Paban II/Puanter Sterad Kolonel Inf Erwansyah, para Perwira Staf Ahli Pangdam IX/Udayana, Kasrem 162/WB, Asintel Kasdam IX/Udayana, Asops Kasdam IX/Udayana, Aslog Kasdam IX/Udayana, Kabalakdam IX/Udayana, para Kasi Korem 162/WB, Dan Dandeninteldam IX/Udayana, Dan/Ka Satdisjan jajaran Korem 162/WB. (Yeti H)

News Feed