oleh

Polda Sulsel Menangkap Tersangka Asusila Terhadap Mahasiswa Di Medsos

Warta Sidik — Makassar

Seorang tersangka berinisial KNA (26) tahun ditangkap oleh Tim Subdit 5 Cyber Crime Dirreskrimsus Polda Sulsel di tempat tinggalnya Desa Bulo Lohe Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba atas laporan dugaan tindak pidana Asusila dengan akses muatan konten melalui WhatsApp.

Dalam penangkapan tersebut tersangka berinisial KNA (26) tahun, sebelumnya telah membuat akses muatan di media sosial dengan mengirimkan melalui WhatsApp berupa video call kepada beberapa orang korban wanita berstatus mahasiswi di salah satu Perguruan Tinggi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.


III Baca Juga :

Perkara anak wakil walikota Tangerang di tingkatkan dari tersangka menjadi terdakwa


Hal ini diungkapkan Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. H. Merdisyam, M.Si., dalam Jumpa Pers menjelaskan bahwa tersangka berinisial KNA melakukan perbuatan ini sebagai pelampiasan hawa nafsu, oleh karena stress yang dialami akibat patah tulang pada kaki.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. H. Merdisyam, M.Si., didampingi Kabid. Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo, S.IK., dan Dirreskrimsus Polda Sulsel Kombes Pol Widoni Fedri, bertempat di Mapolrestabes Makassar, Kamis (08/10/2020).

Dirinya juga mengungkapkan bahwa penyidikan atas kasus ini sementara dalam proses pemeriksaan, diduga korban berjumlah 15 (lima belas) orang mahasiswi UIN Makassar dan sudah 4 (empat) orang yang telah diperiksa.

Selain itu, Kapolda Sulsel menambahkan bahwa para korban merasa terlecehkan, oleh karena muatan konten yang dikirim tersangka melalui WhatsApp video call nampak perbuatan Asusila dari tersangka.

“Jadi Pelaku ini menghubungi korban dan ketika tersambung, pelaku memegang alat kelaminnya sambil melakukan video call kepada beberapa korban mahasiswi UIN Makassar”, jelas Irjen Pol Drs. H. Merdisyam, M.Si.

Kapolda Sulsel menyampaikan bahwa tersangka mengakui dalam melancarkan aksinya untuk berkenalan dengan para korban melalui Instagram, dirinya menggunakan akun palsu.

Bahkan, Kapolda Sulsel mengungkapkan bahwa peristiwa Asusila tersebut oleh tersangka melakukan sejak bulan lalu pada September tahun 2020 dengan mengirimkan foto dan video alat kelamin melalui media sosial whatsapp kepada beberapa mahasiswi UIN Makassar.


III Baca Juga :

Usai Demo, Danrem 162/WB Berserta Jajaran Dan Mahasiswa, Polisi Melaksanakan Kurve Punguti Sampah Didepan Kantor DPRD NTB


Adapun kronologis penangkapan Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. H. Merdisyam, M.Si., juga menuturkan bahwa laporan korban berdasarkan hasil penyelidikan Tim Subdit 5 Cyber Crime Dirreskrimsus Polda Sulsel mendeteksi keberadaan tersangka di Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulsel.

Selanjutnya oleh Tim Subdit 5 Cyber Crime mendatangi rumah tersangka tepatnya Desa Bulo Lohe Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba dengan memeriksa Handphone merk Samsung Galaxy type A7 milik pelaku yang di dalamnya ditemukan foto dan video alat kelamin yang dikirimkan pelaku kepada para korban.

Sebagai barang bukti yang disita dari tangan tersangka berupa 1 (satu) unit Handphone merk Samsung type A7 milik tersangka dan 1 (satu) lembar foto Screenshot chat WhatsApp antara pelaku dengan korban.

Sementara itu, menurut Kapolda Sulsel, pasal yang disangkakan terhadap pelaku yakni pasal 45 ayat (1) jo. pasal 27 ayat (1) UU RI No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No. 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun.

(Rosna)

News Feed