oleh

PATB Cetak Lahan Baru 300 Hektar Di Latiung, Harapan Warga Transmigrasi Punya Sawah Sendiri Terwujud di Masa Erhasy

Warta Sidik — SIMEULUE

Pemerintah Kabupaten Simeulue melalui Dinas Pertanian dan Pangan dalam menyahuti program PATB (Perluasan Areal Tanam Baru) dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia segera cetak lahan persawahan baru seluas 300 hektar di Desa Latiung, Kec. Teupah Selatan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Simeulue T. SAMSUAR, SP, dan jajarannya termasuk para PPL melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan pihak Pemerintah Desa Latiung yang dihadiri para petani dari 5 desa sekaligus yaitu Latiung, Badegong, Trans Maranti, Trans Jernge, Trans Baru bertempat di balai pertanian Desa Latiung, Kamis (10/09).

Baca juga:

Sinergi Untuk Negeri, Bakti Sosial Dan Olahraga Digelar Sambut HUT TNI Ke-75 di Mataram

Dalam pertemuan tersebut Kadistan menyampaikan tentang program PATB kepada semua yang hadir secara lugas dan gamblang, pihak pemerintah desa maupun para petani yang hadir sangat gembira dan bersemangat mendengar penjelasan dari Kadistan, mereka pun sepakat untuk mendukung pemerintah dalam perluasan areal sawah baru.

“Program PATB ini langsung dari Kementerian Pertanian RI dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, hal ini senada dengan program Bupati kita saat ini tentang Humasa Sebbel-Khumaha Heba tanam gadu serentak Kabupaten Simeulue tahun 2020,” jelas Kadistan.

“Alhamdulillah, PATB dengan luas 5.372 hektar di Kabupaten Simeulue akan terlaksana secara serentak pada bulan ini, untuk itu mari sama-sama kita dukung dan sukseskan program ini agar tercapai kemandirian pangan Simeulue selanjutnya dari sektor pertanian kita wujudkan Simeulue Sejahtera sesuai Visi & Misi Bupati kita,” ujar Kadistan.

Sementara ditempat yang sama Kepala Desa Latiung TARMIN, HS menyampaikan, “Dengan dukungan dari pemerintah melalui Dinas Pertanian & Pangan Simeulue, Kami siap membuka lahan baru seluas 300 hektar sesuai program Bupati Simeulue dan PATB dari Kementerian Pangan RI, Kami akan bekerjasama dengan semua para petani dalam mukim araban,” sambut Kades Latiung.

Baca juga:

Kapolri Jenderal Idham Azis: STR Kesemua Kapolres Dalam Pelaksanaan Pilkada 2020

Latiung telah memiliki lahan persawahan yang sedang digarap oleh para petani seluas 80 hektar sedang untuk lokasi cetak areal persawahan baru Desa Latiung memiliki lahan lebih 300 hektar dengan akses mudah dijangkau dan air yang melimpah, lahan-lahan tidur yang sudah lebih dari 10 tahun tidak garap oleh masyarakat ini dengan program PATB segera dibuka kembali menjadi lahan persawahan yang produktif.

Lahan seluas 300 hektar ini akan dibagikan menjadi hak milik para petani dari masyarakat mukim araban yang terdiri dari beberapa desa. Selanjutnya dalam penggarapan lahan sawah baru tersebut akan dukung dan dibiayai oleh pemerintah serta langsung dimonitoring oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Simeulue.

Pemerintah desa dan masyarakat setempat terdiri 1 mukim araban sangat berterimakasih kepada pemerintah pusat, pemprov aceh dan pemkab simeulue melalui program PATB dan HUMASA SEBBEL-KHUMAHA HEBA telah mendukung penuh mereka dalam bercocok tanam padi di sawah dan memperluas areal mereka sehingga hasil panen yang diharapkan akan mengalami peningkatan signifikan dengan demikian perekonomian masyarakat juga akan meningkat perkapitanya.

Khususnya warga Transmigrasi UPT I Latiung yang notabenenya para petani sejak tahun 2003 belum memiliki lahan persawahan yang mereka impikan, saat ini melalui program PATB dan HUMASA SEBBEL-KHUMAHA HEBA mereka akan memiliki sawah sendiri yang sebelumnya meminjam lahan warga desa tetangga.

Dalam penyampaian Kadistan Simeulue sesuai program Bupati Simeulue dengan Humasa Sebbel-Khumaha Heba dari sektor pertanian kita dongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat, cita-cita mewujudkan Simeulue Sejahtera akan tercapai dan saat ini telah didepan mata. (Eko)

News Feed