oleh

Jelang Idul Fitri 1441 H, Polda Banten Imbau Masyarakat Tidak Mudik 

Warta Sidik — Serang Banten

Menjelang Idul Fitri 1441 H, Kepolisian Daerah (Polda) Banten mengimbau masyarakat tetap diam di rumah, masyarakat tidak melakukan mudik dan berpergian.

Baca juga:

Maknai Harkitnas 2020, Kapolri: Bangkit Dalam Optimisme The New Normal

Kapolda Banten Irjen. Pol. Drs. Fiandar, melalui Kabid humas Polda Banten Kombes. Pol. Edy Sumardi, menyampaikan, bahwa masyarakat tidak melakukan mudik, ini dilakukan dalam rangka menjaga keselamatan masyarakat, dalam perjalanan mudik virus, Covid-19 bisa menyebar atau menular ke siapapun, karena diperjalanan kondisi imun kesehatan akan menurun sehingga virus Covid-19 dapat dengan cepat menyebar, serta penularan bisa terjadi dari orang lain yang bersama dengan kita di perjalanan.

“Untuk bersilaturahmi dengan keluarga dikampung halaman lebih baik menggunakan sarana video call,” kata Kabid Humas Polda Banten, Rabu (20/5/2020).

Foto/ist

Edy mengatakan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masih berlaku. Larangan mudik juga masih berlaku di Provinsi Banten, sehingga masyarakat diimbau tetap diam di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (COVID-19).

“Kami akan terus mengedukasi kepada masyarakat tentang anjuran pemerintah yang melarang mudik, diharapkan masyarakat tidak nekad mudik, dipastikan pemudik akan diberhentikan dan dilakukan pemeriksaan oleh pihak kami dari Kepolisian dan petugas gabungan lainnya di lokasi Check Point,” ujarnya.

Baca juga:

Kapolda Kalsel Akui Peran Tokoh Agama Penting Dalam Tangani Covid-19

Polda Banten sendiri telah mendirikan 15 Checkpoint Operasi Ketupat, yang salah satunya akan mengawasi aktivitas mudik masyarakat. Ada juga pos PSBB yang akan memantau aktivitas warga di luar rumah.

“Kami ada pos penyekatan dan pos Check Point sebanyak 15 titik di sepanjang jalur arteri, guna melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan mudik baik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum sebagai wujud dukungan Polri atas adanya kebijakan pemerintah, dan di wilayah hukum Polresta Tangerang ada beberapa pos-pos pantau selama diberlakukannya PSBB kita harapkan kepada masyarakat bisa sadar bahwa upaya untuk memutus pandemik COVID-19 adalah cara Physical Distancing atau di rumah saja,” tandasnya. (toni)


 

News Feed