oleh

Pengemudi Pariwisata Indonesia (PEPARINDO) Mewakili Anggota, Memohon Kepada Pemerintah

Warta Sidik — Jakarta

Salam Berbudaya Bersatu untuk peduli, kami Pengemudi Pariwisata Indonesia (PEPARINDO) mewakili anggota khususnya dan Pengemudi Pariwisata Indonesia pada umumnya.

Menyikapi status dampak Pandemi Covid-19, sesuai Surat Keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13.A Tahun 2020 Tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia dengan memperpanjang keadaan darurat Covid-19 sampai dengan 29 mei 2020.

Dalam hal ini pelaku Pariwisata Indonesia mengalami dampak yang signifikan khususnya profesi Pengemudi Pariwsata yang tidak bisa mencari nafkah.


III Baca Juga :

Rapat Pengurus Tingkat Nasional 1 PEPARINDO, tetapkan Kesejahteraan seluruh Pengemudi Parawisata


PEPARINDO sebagai Perkumpulan Pengemudi Pariwisata Indonesia yang sah berbadan hukum, sangat mendukung langkah pemerintah pusat antara lain :

1. Kepala Dinas Kementrian Parwisata tingkat Propinsi seluruh Indonesia
2. Kepala Dinas Kementrian Perhubungan(Darat) tingkat Propinsi seluruh Indonesia
3. Kepala Dinas Kemenakertrans tingkat Propinsi seluruh Indonesia
4. Kepala Dinas Kementrian Sosial tingkat Propinsi seluruh Indonesia
5. Komisi X DPR RI
6. Ketua KNKT
7. Ketua Organda

Dalam menangani Pandemi Covid-19, dampak dari situasi ini para Pengemudi Pariwisata tidak dapat bekerja mencari nafkah keluarga, karena sebagian besar Pengemudi Pariwisata tidak menerima gaji (upah) bulanan akan tetapi berdasar trip yang di jalani.


III Baca Juga :

Kepala Bakamla RI Laksanakan Sertijab Dua Pejabat Tinggi


Mengingat situasi ini PEPARINDO mewakili Pengemudi Pariwisata Indonesia memohon kepada pemerintah mau membantu kami dalam :

1. Memberikan stimulus materi selama dampak Covid-19 berlangsung.

2. Menghimbau kepada seluruh perusahaan angkutan pariwisata untuk lebih memperhatikan crew busnya baik pengemudi maupun asisten pengemudi dengan memberikan intensif selama berlangsungya dampak Pandemi Covid-19.

3. Turut dilibatkan dalam komponen pengelolaan Mitigasi Krisis Pariwisata, karena dalam rencana Mitigasi Sektor Parekraf dalam menangani dampak Pandemi Virus Covid-19 yang dikeluarkan

KEMENPAREKRAF/BAPAREKRAF REPUBLIK INDONESIA nasib Pengemudi Pariwisata sama sekali tidak tersentuh.
4. PEPARINDO memohon agar di libatkan dalam
a. Tahap Tanggap Darurat
b. Tahap Pemulihan
c. Tahap Normalisasi
Sebagai fungsi PEPARINDO ikut berperan aktif mendukung program pemerintah untuk kemajuan dunia pariwisata di sektor transportasi angkutan pariwisata darat.

PEPARINDO memohon kepada Pemerintah Republik Indonesia untuk memperhatikan nasib Pengemudi Pariwisata Indonesia demi kelangsungan hidup berkeluarga selama dampak Pandemi Covid-19. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah dalam hal ini.  (Red)



News Feed