oleh

Jokowi Resmikan Tol Trans Java

Warta Sidil – Pasuruan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tujuh ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur dan Jawa Tengah, 20 Desember lalu.

Keempat ruas jalan tol pertama yang diresmikan Jokowi di hari itu adalah jalan tol Ngawi-Kertosono segmen Wilangan-Kertosono sepanjang 37,9 kilometer, jalan tol Jombang-Mojokerto seksi Bandar-Kertosono sepanjang 0,9 kilometer, jalan tol Gempol-Pasuruan seksi Pasuruan-Grati sepanjang 13,65 kilometer, dan jalan tol Surabaya-Gempol seksi Relokasi Gempol-Porong sepanjang 6,3 kilometer.

Sedangkan peresmian kedua yaitu ruas Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Salatiga-Kertasura.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, dengan peresmian tujuh ruas tol tersebut maka dari Merak (Banten) sampai ke Grati, Pasuruan, Jawa Timur, telah tersambung dan bisa dilewati. Pun demikian, jalur Jakarta-Surabaya atau Surabaya-Jakarta melalui tol.

Dengan dibangunnya jalan tol ini mobilitas barang, logistik, orang, juga jadi bisa lebih cepat, mudah, dan murah.

Jokowi berharap, dengan selesainya pembangunan tol dan tersambungnya Jakarta-Surabaya sepanjang 760 kilometer, bisa memberikan beragam manfaat bagi masyarakat. Jalan Trans Jawa ini selain mempermudah konektivitas, juga menjadi jalur alternatif bagi masyarakat.

Kata Jokowi, kini asyarakat bisa bebas memilih: lewat jalur tol monggo, melalui jalan nasional juga dipersilakan.

Rampungnya jalan tol ini diharapkan memiliki efek terhadap perekonomian, terutama untuk kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus.

Menurut Jokowi, integrasi antara jalan tol dengan kawasan-kawasan tersebut sangat penting. Karena itulah pemerintah akan terus mendorong agar investasi bisa masuk ke kawasan-kawasan industri baru maupun pengembangan yang lama. Jokowi berharap dengan investasi ini lapangan kerja akan terbuka semakin luas.

Pemerintah, lanjut Jokowi, ingin agar kawasan-kawasan wisata yang terlalui oleh jalan tol juga bisa dikembangkan lebih baik lagi sehingga wisatawan yang datang juga lebih banyak. “Kita harapkan bisa memberikan pertumbuhan ekonomi yang baik kepada daerah-daerah yang dilalui,” ujar Jokowi.

Ia mempersilakan masyarakat mencoba perjalanan dari Merak sampai Pasuruan atau Jakarta sampai Surabaya, mumpung masih gratis, khususnya untuk ruas jalan tol baru tersebut.

Menandai beroperasinya ruas tol tersebut, Jokowi juga melepas ekspedisi di jalan tol Trans Jawa. Ekspedisi itu di antaranya diikuti mobil tangki BBM Pertamina, truk pengangkut LPG 3 Kg, dan kendaraan lainnya.

Dengan menggunakan Bus Damri, Jokowi menguji coba jalan tol sepanjang kurang lebih 370 Km dari Surabaya menuju Jembatan Kalikuto di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Bersama para milenial dan pekerja yang turut membangun jalan tol Trans Jawa itu, Jokowi menyusuri ruas tol tersebut.

Dari uji coba tersebut, Jokowi menilai kondisi jalan sangat mulus sehingga perjalanan sangat lancar. Jokowi mengingatkan agar para pengendara mobil berhati-hati, jangan sampai terlalu cepat menjalankan kendaraannya karena akan berbahaya bagi keselamatan penumpang.

Peresmian tujuh ruas tol yang menyambungkan seluruh jalan tol Trans Jawa itu dinilai Jokowi sebagai sejarah baru era transportasi Indonesia. (Yudha).

Komentar

News Feed